Saturday, November 27, 2010

Tutorial Mendapatkan Koneksi Internet Wireless yang Cepat

Assalammualaikum...
Anda sering mengeluh karena koneksi internet yang anda pakai tidak sesuai dengan yang di iklan?
Bukan berarti provider tersebut berbohong terhadap anda. Sebenarnya provider sudah menyediakan sesuai dengan kecepatan yang disampaikan tersebut, namun banyak faktor yang mempengaruhi akan kecepatan tersebut. Untuk mendapatkan kecepatan yang maksimal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Untuk mendapatkan koneksi internet yang cepat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.
1. Kondisi geografis tempat anda berada:
a. Kondisi geografis sangat berpengaruh, karena akan mempengaruhi kualitas tangkapan sinyal modem anda.
b. Oleh karena itu, akan lebih bagus apabila anda berada di wilayah yang tidak terdapat gedung-gedung tinggi. Karena akan mengurangi kualitas sinyal yang dikirim oleh BTS.
2. Provider internet yang anda gunakan.
a. Memilih provider internet yang tepat sangatlah penting, sebelum anda memilih suatu provider internet anda harus melakukan survey terlebih dahulu. Survey dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satunya browsing di internet, atau menanyakan langsung pada custumer service provider tersebut. Apabila anda kurang percaya, maka anda dapat menanyakan langsung kepada orang-orang yang memakai provider tersebut. Setelah itu anda dapat memilih provider mana yang terbaik.
b. Hal lain yang dapat mempengaruhi adalah traffic usage dari provider internet yang anda pilih. Pilihlah provider internet yang usernya anda perkirakan masih sedikit, terlebih di daerah sekitar anda tinggal. Semakin sedikit user, maka koneksi anda akan semakin cepat.
3. Modem yang anda gunakan.
a. Memilih modem haruslah tepat, cari modem dengan spesifikasi download speed lebih cepat dari yang anda butuhkan. Yang tersedia dipasaran setahu saya ada yang mampu mendownload sampai dengan 21mbps. Merk juga harus diperhatikan, usahakan membeli modem yang merknya sudah terkenal atau sering dipakai orang.
b. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kualitas sinyal yang ditangkap oleh modem. Paling tidak kekuatan sinyal yang terdeteksi minimal 70%. Apabila sinyal ditempat anda kurang, maka anda dapat menambahkan antenna eksternal untuk mendapatkan tangkapan sinyal yang lebih bagus.
c. Temperatur dari modem juga harus diperhatikan, usahakan modem anda dalam kondisi dingin. Apabila modem anda panas, maka akan mempengaruhi kecepatannya. Beri kipas pendingin supaya modem anda terjaga temperaturnya. Jangan memasang kipas yang terlalu besar, akan ada interferensi dari kipas angin tersebut.

4. Kondisi jaringan ditempat anda.
a. Apabila terdapat jaringan ditempat anda, maka pengaturan jaringan juga perlu diperhatikan. Karena banyaknya user dalam jaringan anda tersebut sangat mempengaruhi kecepatan internet anda. Bandwidth anda akan terbagi denga user lain. Akan lebih bagus jika anda hanya menggunakan internet tersebut disatu komputer saja.

Kesimpuannya adalah anda harus memilih peralatan yang tepat, baik itu modem maupun peralatan jaringan ditempat anda. Kualitas tangkapan sinyal juga harus diperhatikan, akan lebih bagus jika anda memasang antenna eksternal seperti antenna yagi. Temperatur dari setiap device juga harus diperhatikan. Dalam hal mendowload, gunakanlah program download accelerator yang tepat. Akan tetapi perlu diingat setiap web host membatasi kecepatan download anda, kecuali anda mempunyai account premium maka kecepatan download yang anda dapat akan berbeda. Sekian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat.

sumber : kaskus

Comments :

0 komentar to “Tutorial Mendapatkan Koneksi Internet Wireless yang Cepat”

Post a Comment

 

Copyright © 2009 by Barokah Blog