Tuesday, September 15, 2009

Cara Agar Flasdisk Bebas dari Ancaman Virus

Assalammualaikum....

Anda semua pasti tahu yang namanya flashdisk kan? Kalau ga tau mah itu namanya keterlaluan. Flashdisk adalah sebuah tempat penyimpanan file yang ukurannya lumayan kecil dan mudah dibawa kemana mana daripada disket atau pendahulunya. Tapi seringkali flasdisk kita terkena virus saat menyimpan file dari komputer atau laptop. Syarat utama agar FlashDisk aman dari ancaman virus tentu saja adalah PC atau laptop yang sehat atau diyakini sehat. Untuk virus lokal sebagian besar (bisa jadi semuanya) memanfaatkan celah dari Windows, yaitu fitur autorun (autorun.inf), yang bagi windows merupakan kondisi awal (default) ketika kita memasukkan media penyimpan eksternal (CD, DVD, FD, de el el). Fitur autorun ini dapat kita matikan. Caranya sebagai berikut:
1. Klik Start –> run (Win Logo + R), ketikkan gpedit.msc lalu tekan Enter
2. Selanjutnya akan muncul jendela Group Policy, arahkan kursor ke: Computer Configuration/Administrative Templates/System
3. Klik 2 kali turn off autoplay, pada jendela yang muncul pilih enable, dan diseting ke All Drives, Klik OK
4. Lakukan hal yang sama pada User Configuration/Administrative Templates/System.
5. Dan sekarang fungsi autorun pada PC telah mati/nonaktif.

Dengan begini tentu saja FlashDisk akan menjadi aman dari infeksi virus, atau kita tidak menjadi penyebar virus yang memanfaatkan celah ini. Lalu bagaimana caranya untuk menghapus/menormalkan file virus atau file yang biasanya berupa file dengan atribut hidden atau superhidden secara manual?

Berikut langkahnya:
1. Buat sebuah file batch, gunakan saja notepad untuk melakukannya.
2. Ketikkan script berikut: attrib -r -s -h *.* /s /d
3. Simpan dengan nama restore.bat pada FD
4. Buka FlasDisk dan klik 2 kali file restore.bat yang telah kita buat, tunggu hingga proses selesai
5. Setelah selesai, maka semua file dan direktori (folder) yang sebelumnya tersembunyi akan muncul
6. Hapus file yang merupakan virus/dicurigai virus, cirinya file ini dapat berupa shortcut (..lnk, periksa target file ini melalui properti file), executable (.exe, biasanya menggunakan ikon notepad atau MS DOS) atau information (.inf), yang tidak pernah kita buat. Agar lebih singkat, gunakan fasilitas search.

Keterangan:
Cara di atas hanyalah salah satu alternatif untuk meminimalisir FlashDisk dari ancaman virus secara manual dan menghapus virus yang tidak atau belum dikenal oleh Anti Virus, bukannya 100% melindungi. Kalau ingin betul-betul aman sebaiknya menggunakan Anti Virus terpercaya dan selalu dalam keadaan Up To Date, walaupun tidak semua Anti Virus Update terkini mampu mengenali virus.

Semoga informasi tadi bisa bermanfaat untuk Anda semua....

Comments :

1
KANdaNGTips.bloGspot.Com said...
on 

wah.. info yang bagus nih... Biar flasdisk ku ga kena viruis lagi

Post a Comment

 

Copyright © 2009 by Barokah Blog