Saturday, May 30, 2009

Stoikiometri

Assalammualaikum postingan saya kali ini adalah tentang stoikiometri. Mau tahu apa itu, baca terus ya!!
Kalian semua pasti tahu apa yang dimaksud dengan Stoikiometri. Stoikiometri adalah suatu perhitungan kuantitatif hal hal yang menyertai reaksi dalam kimia.

Dasar dasar Stoikiometri ada yaitu :

  1. Mol
  2. Massa Molar (Mr/Ar)


Mol

Mol adalah satuan yang menyatakan jumlah unit setiap substansi yang setara dengan jumlah 12 gram ataom karbon. 12 gram atom karbon ini memiliki jumlah atom sebanyak 6,022 x 1023. Jumlah atom itu disebut dengan bilangan Avogadro (N). Jadi, bilangan Avogadro (N) adalah 6,022 x 1023.

Massa Molar (Mr / Ar)

Massa Molar adalah massa satu mol suatu senyawa dalam satuan gram. Jadi, bisa diartikan bahwa massa molar merupakan Mr / Ar dari suatu zat tersebut. Biar kita tahu Ar / Mr suatu zat kita harus melihat table periodic unsure, tapi kalau Anda sudah hafal itu lebih bagus. Karena penggunaan Mr / Ar dalam perhitungan kimia sering dibutuhkan. Seperti ini tabel periodik unsur :

Ingin mengerti lebih jelas tentang stoikiometri? silakan Anda download ebook tentang stoikiometri ini dengan mengklik disini

Semoga bermanfaat buat Anda semua.


»»  Readmore...

Wednesday, May 27, 2009

Gas CO2 Bisa Dijadikan Methanol / Bahan Bakar dengan Bantuan Suatu Katalis

Assalammualaikum

Postingan saya kali ini tentang gas CO2 yang ternyata bisa dijadikan CH3OH (Methanol) dengan bantuan katalis R3Si-H. Mau tau lebih jelasnya? Baca lebih lanjut artikel ini :

Dalam laporan tertulis yang dimuat di International Chemistry Journal Angewandte Chemie, para ilmuwan Singapore Institute of Bioengineering and Nanotechnology (IBN) telah sukses memanfaatkan gas karbondioksida (CO2) untuk diubah menjadi methanol ( CH3OH ) dengan meggunakan organokatalis. "Hasil kerja kami telah berkontribusi dalam penggunaan CO2 yang terdapat di alam untuk diubah menjadi produk yang lebih menjanjikan yaitu methanol" kata Siti Nurhanna Riduan, salah satu staf senior IBN.

Hal yang sangat menarik dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti IBN adalah reaksi perubahan karbondioksida menjadi methanol tidak dilakukan dalam kondisi yang ekstrim, seperti misalnya suhu dan tekanan tinggi serta kondisi lingkungan reaksi yang terkontrol akan tetapi reaksi tersebut dapat dijalankan pada suhu kamar dan tekanan biasa, dan yang lebih menarik lagi katalis yang terlibat dalam reaksi perubahan CO2 menjadi CH3OH relatif murah, stabil, mudah disimpan, dan tidak mengandung logam berat sehingga ramah terhadap lingkungan.

Diharapkan dengan menggunakan teknik yang dilakukan para peneliti IBN nantinya kita akan dapat memanfaatkan karbondioksida yang sangat berlimpah keberadaannya menjadi aternatif sumber energi industri yang murah.

Katalis yang dipergunakan oleh para peneliti IBN disini adalah dari golongan N-heterocyclic carbenes (NHCs).

Yegn Zhang, Ph.D, pemimpin team peneliti IBN menerangkan bahwa karbondiaksida akan bereaksi dengan NHCs membentuk NHCs-CO2 yang teraktifasi, CO2 yang teraktifasi ini akan tereduksi oleh Hidrosilan yang berfungsi sebagai penyedia hydrogen. Kemudian hasil reaksinya dihidrolisis menggunakan air sehingga dihasilkan methanol.
Penelitian mereka sebelumnya menunjukan bahwa NHCs dapat dipergunakan lebih banyak lagi misalnya sebagai antioksidan untuk melawan proses degeneratif, dan sekarang mereka telah sukses menggunakan NHCs untuk mengubah CO2 menjadi metanol yang membantu untuk mengurangi efek CO2 pada lingungan.

Di IBN mereka banyak melakukan inovasi guna menemukan proses reaksi yang menggunakan energi yang bersih dengan bantuan "green chemistry" dan nanoteknologi, untuk menghadapi polusi lingkungan, pemanasan global, dan meningkatkan penggunaaan energi yang tidak berbasis bahan bakar fosil, kami berharap dapat menyediakan energi alternatif untuk industri kata direktur eksekutif IBN Jackie Y. Ying, Ph.D

Sangat menarik bukan? Padahal gas CO2 sekarang sangat banyak sekali jumlahnya. Oleh sebab itu, kita harus mengurangi emisi pembakaran minyak itu dan menggantinya dengan yang lebih baik. Apakah kalian semua mau bumi kita ini seperti planet Venus? Tentu saja tidak. Lalu apakah tindakan masyarakat dunia nanti? Wallahualam


»»  Readmore...

Monday, May 25, 2009

Cheat buat Pet Society di Facebook


Pasti Anda semua sudah kenal dengan yang namanya Facebook. Nah di Facebook itu sendiri ada sebuah game yang sangat menarik namanya Pet Society. Sekarang saya akan memberikan Anda sebuah cheat engine untuk game tersebut. Karena kata orang - orang game ini seru tapi susah. Ada 2 hal yang harus disajikan supaya cheat engine ini berjalan, yaitu :
1. Cheat engine itu sendiri, jika ingin mendownlodnya silakan klik disini
2. FlashPlayer 9, silakan download disini

Catatan :
Jika Anda menggunakan flash player versi 10 Anda harus menggantinya dengan yang versi 9, supaya bisa dijalankan cheatnya. Saya juga tidak tahu kenapa.

Cara mengaktifkan cheat engine ini :
1. Buka aplikasi Pet Seciety di Firefox atau Internet Explorer (IE)

2. Lemparlah bola dengan pet anda sebanyak 5 kali berturut-turut untuk mendapatkan uang logam.

3. Buka program Cheat Engine 5.4, kemudian klik tombol di sudut kiri atas untuk melihat daftar proses di komputer Anda.

4. Cari browser yang anda gunakan di daftar proses komputer anda. Jika Anda menggunakan Firefox, carilah proses firefox.exe, jika anda menggunakan IE, carilah proses
iexplorer.exe

5. Beri tanda centang pada kotak “hex” kotak. Sisipkan 840FFF85C12A0FF2 di tempat Value.

6. Ubah value type nya dengan 8 byte.

7. Beri tanda centang di kotak “Also scan read only memory”.

8. Klik “First Scan” tombol.

9. Jika Anda mendapatkan 3 hasil, abaikan saja yang pertama dan coba berikan perhatian kepada hasil yang kedua dan ketiga. Jika anda tidak memperoleh hasil, maka ada salah satu langkah yang baru saja Anda abaikan. Periksalah kembali.

10. Hasil yang akan menunjukkan Anda alamat Coin dan Paw Point. Biasanya, yang pertama adalah untuk Coin sementara yang kedua adalah untuk Paw Point. Kalian ingin cheat untuk menambah uang logam, jadi mari kita coba yang pertama. Klik kanan hasil pertamadan coba juga yang ke2, jika Anda mendapat 3 hasil, pilih “Disassemble this memory region”. Maka, Window baru akan terbuka.

11. Klik kanan pada baris pertama dan pilih “Toggle breakpoint” kemudian pilih Yes.

12. Kembali ke browser yang anda gunakan.

13. Lemparkan bola lagi di game pet society itu, apabila agak ngeheng, berarti cheat itu sudah bekerja.

Untuk lebih jelasnya klik situs ini :
Pilih dan klik OK untuk membukanya.
http://blog.coderpro.org/2009/01/cheat-untuk-pet-society-pada-facebook.html
dikutip dari http://blog.coderpro.org/2009/01/cheat-untuk-pet-society-pada-facebook.html
Terima Kasih ya Mas
»»  Readmore...

Chat

Followers

 

Copyright © 2009 by Barokah Blog